SATELIT BRI, BRISAT ; APA ITU DAN MANFAATNYA

BRIsat atau satelit BRI adalah nama untuk satelit milik Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebuah perusahaan perbankan di Indonesia. Satelit BRIsat dibuat oleh perusahaan Space System/Loral (SSL), asal Amerika Serikat. Satelit tersebut rencananya akan diluncurkan oleh roket Ariane 5 di Pusat Antariksa Guyana, Satelit BRIsat mampu menjangkau wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur termasuk sebagian Tiongkok, Laut Pasifik termasuk Hawaii dan Australia Barat.

Satelit ini akan mengorbit di slot 150.5 Bujur Timur atau di atas Papua. Jalur Orbit tersebut sebelumnya ditempati oleh satelit Indosat yang sudah habis masa tugasnya, Palapa C2. Slot orbit tersebut diberikan kepada BRI melalui perintah Pemerintah Republik Indonesia dengan alasan Indosat tidak lagi menggunakan slot tersebut.

sumber gambar : kperkasa. com

Manfaat dari dioperasikannya Satlit BRI ini antara lain :
  • memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan perbankannya, jangkauan pelayanan BRI kepada masyarakat dan nasabah dapat merambah hingga ke pelosok negeri.
  • penghematan pengeluarkan biaya operasional BRI untuk komunikasi sebesar Rp 250 miliar.
sumber gambar : jakartagreater. com

Untuk UMKM di Pasar :
  • BRI bekerjasama dengan nasabahnya yaitu merchant di pasar-pasar melalui Teras Pasar BRI. BRIsat terhubung ke darat melalui VSAT dan berfungsi sebagai Wi-Fi Hotspot serta LAN.Wi-Fi Hotspot dari BRIsat digunakan untuk mendukung jalannya sistem pembayaran terintegrasi seperti: LAS Mobile Wi-Fi, EDC Wi-Fi, Pos Wi-Fi dan situs BRIlink.
  • Wi-Fi Hotspot ini memberikan akses internet gratis bagi merchant maupun nasabah di Teras Pasar BRI. Sementara itu koneksi LAN berfungsi untuk menyediakan layanan BRI Vision (siaran TV terbatas BRI untuk penyuluhan UMKM dan pemasaran produk BRI)
Untuk Teras Mobile BRIsat dan Internal Wi-Fi :
  • BRIsat akan sangat membantu operasional Teras Keliling, Teras Kapal dan E-Buzz (ATM). Teras Keliling dan Teras Kapal merupakan layanan perbankan BRI untuk nasabah-nasabah di pelosok serta pulau terluar Indonesia.
  • Wi-Fi Hotspot dari BRIsat digunakan untuk mendukung jalannya sistem pembayaran terintegrasi seperti: LAS Mobile Wi-Fi, EDC Wi-Fi, Pos Wi-Fi dan situs BRIlink.
  • Wi-Fi Hotspot ini memberikan akses internet gratis bagi merchant maupun nasabah di Teras Pasar BRI. Sementara itu koneksi LAN berfungsi untuk menyediakan layanan BRI Vision (siaran TV terbatas BRI untuk penyuluhan UMKM dan pemasaran produk BRI)






About Maz Bowo

Hubungi:
Bowo telpon / WA 0857 7841 6558, email : herwibowo.trianto@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar